Semua Warga Miskin Dapat Pelayanan Kesehatan Gratis

|

BOYOLALI (JT-News) РBupati Boyolali Seno Samodro menegaskan warga  yang kurang mampu atau miskin berhak mendapatkan pelayanan pengobatan gratis.

Seno Samodro, di Boyolali, Selasa (3/1), mengatakan pihaknya telah menghapus Surat Keputusan Bupati, terkait data penduduk miskin pra-sejahtera 2010, sehingga semua warganya yang tidak mampu berobat di Rumah Sakit Umum Boyolali, tidak dipungut biaya. “Mereka yang miskin mendapatkan pelayanan berobat gratis di kelas tiga di RSU Boyolali,” katanya.

Bahkan, lanjutnya, warga yang tidak mampu dan tidak masuk program Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas) maupun Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda), dipermudah aksesnya dengan menggunakan kartu tanda penduduk (KTP).

Ditambahkan Kepala Dinas Kesehatan Boyolali Syamsudin, langkah kemudahan akses pelayanan kesehatan tersebut, karena dipicu tidak validnya data yang digunakan Jamkesmas. “Data Jamkesmas di Boyolali, selama ini masih mempergunakan tahun 2008, sehingga warga tak mampu banyak yang tidak terdata.”

Menurut dia, data warga masuk Jamkesmas 2008 sekitar 328.990 jiwa, sedangkan pada 2011 sekitar 14.000 orang meninggal dunia dan sekitar 11.000 lahir. Sehingga, dengan penghapusan data keluarga miskin itu, pelayanan kesehatan diharapkan merata. Jumlah penduduk Boyolali sekitar satu juta jiwa pada 2011, sedangkan kuota Jamkesda sebanyak 480.000 jiwa. Namun, warga miskin yang terdata pada Jamkesda hanya sekitar 350.000 jiwa.

Oleh karena itu, warga yang belum masuk data, tetapi masuk kategori miskin, maka berhak menerima pengobatan di RSU rawat inap, cukup dengan foto copy KTP. Menurut dia, data pasien akan masuk aplikasi formulir Jamkesda dengan syarat yang bersangkutan harus mengisi pernyataan miskin. Kemudian, mereka akan mendapatkan pengesahan sebagai peserta Jamkesda.

Ia menjelaskan, Program Jamkesda kuota masih terbuka untuk mendapatkan akses pelayanan kesehatan warga miskin dengan birokrasi lebih mudah. (ant/JT-1)

Dalam Boyolali | Tags ,,

Berita terkait

Tinggalkan Pesan

Komentar Terakhir

CLOSE