Sekolah Belum Kembalikan Dana BOS

|

TEMANGGUNG (JT-News) – Sejumlah sekolah di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, belum menyetorkan sisa dana bantuan operasional sekolah (BOS) tahun 2011 ke kas daerah setempat.

Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Temanggung, Ripto Susilo, di Temanggung, Selasa, mengatakan dari 20 kecamatan di Temanggung, hingga sekarang ada enam kecamatan yang belum mengumpulkan surat tanda setoran (STS) kas daerah, yakni Kecamatan Bansari, Gemawang, Kranggan, Temanggung, Tretep, dan Wonoboyo.

“Sistem penyaluran BOS 2011 melalui mekanisme APBD, kalau ada sisa anggaran harus kembali ke kas daerah meskipun nanti juga dikembalikan ke sekolah yang bersangkutan melalui APBD perubahan,” katanya.

Ia mengatakan, selama ini memang ada pemahaman yang kurang tepat, mereka beranggapan uang tersebut merupakan jatah sekolah mengapa harus dikembalikan, padahal mekanisme anggaran APBD memang harus begitu, kalau ada sisa harus dikembalikan ke kas daerah.

Ripto menyebutkan, dari STS yang telah masuk ke Dinas Pendidikan, sisa dana BOS 2011 untuk tingkat SD sebanyak Rp588,4 juta dan tingkat SMP sebanyak Rp559,3 juta.

Ia menuturkan, mekanisme penyaluran BOS 2011 birokrasinya terlalu panjang dan tahun 2012 penyaluran BOS dikembalikan seperti sebelum 2011, yakni langsung ke rekening sekolah masing-masing. Menurut dia, tidak ada masalah dalam penyaluran dana BOS untuk triwulan I 2012 yang telah ditransfer ke rekening sekolah pada 15 Januari 2012.

“Hingga saat ini kami tidak menerima keluhan dari sekolah, berarti mereka sudah menerima transfer dana BOS tersebut,” katanya. Ia menyebutkan, penerima dana BOS di Temanggung 2012, yakni 443 SD, 72 SMP, dan 32 MTs. (ant/JT-1)

Dalam Temanggung | Tags ,, ,

Berita terkait

Tinggalkan Pesan

Komentar Terakhir

CLOSE