Puluhan Desa di 9 Kecamatan Direndam Banjir

|

ilustrasi/clipaartheaven.com

PURWOREJO (JT-News) - Puluhan desa di sembilan kecamatan di Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah dilanda banjir akibat sejumlah sungai di daerah tersebut meluap.

Kasi Perlindungan Masyarakat, Kantor Kesbangpol dan Linmas Kabupaten Purworejo, Hardoyo di Purworejo, Senin (2/1), mengatakan, sejumlah desa yang terendam banjir berada di wilayah Kecamatan Begelen, Purwodadi, Ngombol, Bayan, Grabak, Dukuh, Kemiri, Pituruh, dan Gebang.

Ia mengatakan, hujan deras telah mengguyur Purworejo sejak Sabtu (31/1) hingga Minggu (1/1) mengakibatkan empat aliran sungai meluap, yakni Sungai Gubang Barat, Jali, Dulang, dan Bogowonto.

Menurut Hardoyo, banjir yang terjadi mulai Minggu (1/1) malam sekitar pukul 19.30 WIB telah merendam persawahan, tegalan, dan permukiman. Ia mengatakan, pada Senin pagi banjir di sebagian daerah telah surut, namun untuk di kawasan bawah seperti Ngombol, Purwodadi, dan Grabak masih banjir. “Saat ini kami masih melakukan pendataan jumlah desa yang terendam banjir,” katanya.

Ia mengatakan, untuk kawasan persawahan yang terandam, sebagian besar baru proses penanaman dan sebagian sudah tanam. Akibat banjir tersebut sebagaian warga mengungsi secara swadaya ke tempat saudaranya. “Kalau kata ungsikan juga belum tentu mau seperti di Desa bayan, Kecamatan Bayan pada Minggu malam ada 21 keluarga yang akan diungsikan tetapi tidak mau. Mereka memilih bertahan menunggu air surut.”
Ia menuturkan, petugas dari linmas dan para relawan mengevakuasi hewan ternak, ada sekitar 15 ekor sapi dan kambing di Desa Bayan yang dievakuasi. Menurut dia, ada beberapa kendala yang dihadapi petugas dalam penanganan banjir, antara lain kurang sarana prasarana, stok logistik karena awal tahun anggaran, dan di Purworejo belum dibentuk Badan Penanggulangan Bencana Daerah.

“Untuk peralatan memang masih kurang, misalnya perahu karet. Selama ini hanya ada satu unit perahu karet pinjaman dari Bakorwil,” katanya. (ant/JT-1)

Dalam Kedu,Purworejo | Tags ,,

Berita terkait

Tinggalkan Pesan

Komentar Terakhir

CLOSE