Kejari Segera Limpahkan BAP Kasus Korupsi ke Tipikor

|

Temanggung (JT-news0 – Kejaksaan Negeri (Kejari) Temanggung akan melimpahkan berkas kasus dugaan korupsi tukar guling tanah kas Desa Tegalrejo, Kecamatan Ngadirejo ke Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Semarang dalam waktu dekat.

Kepala Kejaksaan Negeri Temanggung, Taufik Hidayat di Temanggung, Senin (16/1), mengatakan kasus yang merugikan keuangan negara sekitar Rp147 juta tersebut melibatkan Kepala Desa Tegalrejo, Kusriyati. “Kasus ini diduga juga melibatkan mantan Kades Tegalrejo, Susmoro yang kini sedang diproses dan tinggal menyelesaikan pemberkasannya,” katanya.

Ia mengatakan, untuk melakukan alih fungsi tanah kas desa harus ada izin dari bupati dan persetujuan DPRD, meskipun belum ada izin tersebut tanah kas sudah diperjualbelikan dan dibuat kafling untuk perumahan warga. Kejari mengatakan, hasil kompensasi tukar guling tanah kas telah dibelikan tanah pengganti dan sebagian lain dibagi-bagi dengan perangkat desa. “Sementara yang kami bidik yang mempunyai wewenang dulu, yaitu kades dan mantan kades yang juga terlibat,” katanya.

Kasi Intel Kejari Temanggung, M Yasin, mengatakan, pada awal tahun 2011 Kejari Temanggung telah melimpahkan dua kasus korupsi ke Pengadilan Tipikor, yakni dugaan korupsi Balai Besar Rehabilitasi Sosial Bina Grahita (BBRSBG) Kartini dengan keuangan negara sekitar Rp543 juta. Selain itu, kasus korupsi program sarjana membangun desa (SMD) merugikan keuangan negara sekitar Rp363 juta.

Ia mengatakan, kasus korupsi BBRSBG melibatkan mantan Kepala BBRSBG Kartini, Sukesih Makmur dan Kasubag Umum, Suryo Sutiyoso yang diduga menggunakan hasil uang sewa gedung dan kamar BBRSBG tahun 2008-2010. “Seharusnya uang sewa itu disetor ke kas negara, tetapi tidak disetor. Dari total pendapatan Rp554 juta yang disetor baru Rp11 juta.

Ia mengatakan, kasus korupsi bantuan sapi program SMD Dirjen Peternakan, Kementrian Pertanian tahun 2008 ini melibatkan tersangka Dudi Murhadi selaku pendamping kelompok tani Sidodadi, Desa Candimulyo, Kecamatan Kedu. (ant/JT-1)

Dalam Kedu,Temanggung | Tags ,, ,

Berita terkait

Tinggalkan Pesan

Komentar Terakhir

CLOSE