Satpol PP Urung Bongkar Paksa Karaoke Soekarno-Hatta

|

SEMARANG (JT-News) - Puluhan petugas Satuan Polisi Pamong Praja Kota Semarang, Kamis (29/12),  gagal merobohkan sembilan bangunan karaoke liar di lapangan Jalan Arteri Soekarno-Hatta Semarang setelah mendapat perlawanan dari pemilik bangunan. Usaha pembongkaran di bawah kendali Satpol PP Kota Semarang yang mendapat dukungan dari petugas Polsek Gayamsari dan Kodim 0733 BS tersebut berlangsung cukup alot serta diwarnai ketegangan.

Waluyo, selaku pemilik bangunan karaoke liar meminta Kepala Bidang Pengendalian dan Operasional Satpol PP Kota Semarang Daniel Sandanafu menghentikan pembongkaran. “Bangunan ini telah menghabiskan biaya jutaan rupiah dan tidak melanggar aturan,” katanya sambil menunjukkan akta tanah kepada petugas satpol.

Saat perdebatan tersebut berlangsung, salah seorang pemilik karaoke liar sempat mengancam keselamatan para petugas satpol dan keluarga Kabid Pengendalian dan Operasional Satpol PP jika tetap melakukan pembongkaran.

Setelah negosiasi yang berjalan alot, akhirnya petugas satpol mengizinkan para pemilik bangunan karaoke liar untuk membongkar sendiri, meskipun dalam penertiban tersebut Satpol PP Kota Semarang telah mengerahkan satu unit alat berat berupa buldoser. Beberapa petugas PLN di lokasi pembongkaran terlihat memutus aliran listrik terhadap sembilan bangunan karaoke liar tersebut untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Daniel mengatakan, pembongkaran itu dalam rangka menegakkan Peraturan Daerah Nomor 5 Tahun 2009 tentang Bangunan Liar. “Suatu bangunan harus memiliki izin dan harus sesuai dengan peruntukannya, namun bangunan karaoke ini tidak berizin dan liar,” ujarnya.

Menurut dia, sebelum dilakukan penertiban, Satpol PP Kota Semarang telah melakukan sosialisasi kepada pemilik karaoke liar.  “Secepatnya kami akan membongkar bangunan karaoke liar ini dan mengkaji permasalahan-permasalahan yang muncul terkait dengan bangunan yang didirikan,” katanya. (ant/JT-1)

Dalam Kota Semarang | Tags ,, ,

Berita terkait

Tinggalkan Pesan

Komentar Terakhir

CLOSE