Pemkab Rembang Ngotot Usulkan Rekrutmen CPNS

|

ilustrasi/wartablora.com

REMBANG (JT-News) - Pemkab Rembang bersikeras mengusulkan perekrutan CPNS  pada 2012, meski Dewan Perwakilan Rakyat Daerah setempat mendesak moratorium penerimaan CPNS.

Sekretaris Fraksi Bintang Keadilan DPRD Kabupaten Rembang, Muntohid, di Rembang, Jumat (23/12), mengatakan moratorium perekrutan CPNS perlu kembali dilakukan pada 2012. “Postur belanja pegawai pada APBD 2012 sebesar 56,89 persen sehingga masih dominan dan menjadikan (APBD) kurang ideal. Moratorium CPNS yang telah dilakukan pada 2011 agar dilanjutkan pada 2012,” kata dia.

Selain mengusulkan moratorium perekrutan CPNS pada 2012 pihaknya juga mengajukan perampingan birokrasi agar lebih efektif. Ketua Komisi A DPRD Kabupaten Rembang, Gatot Paeran, juga mengatakan, pengadaan CPNS sejauh ini belum terlalu mendesak.

Apalagi, kata dia, di beberapa satuan kerja perangkat daerah diketahui justru terjadi penumpukan pegawai. “Yang perlu menjadi prioritas adalah penataan kembali pegawai. Alokasi tenaga pegawai masih aman meski moratorium pengadaan CPNS dilakukan hingga 2013,” kata dia.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Rembang Abdullah Zawawi mengatakan pihaknya memang tetap mengusulkan pengadaan CPNS pada 2012. Namun, Zawawi enggan memaparkan jumlah kuota yang diajukan Pemkab Rembang melalui BKD. (ant/JT-1)

Menurut dia, Kementerian Pemberdayaan Apatur Negara dan Reformasi Birokrasi memperbolehkan pengadaan CPNS pada pos tenaga kesehatan dan tenaga kependidikan.

“Moratorium memang diberlakukan, tetapi tidak pada semua pos formasi pegawai. Untuk tahun 2012, kami tetap mengusulkan. Terkait berapa kuotanya, apakah nanti disetujui atau tidak, itu semua keputusan dari Kemenpan,” kata dia.

Ia menyebutkan, saat ini, jumlah pegawai negeri sipil di lingkungan Pemkab Rembang sudah mencapai 9.135.

Menurut dia, pengadaan CPNS masih dibutuhkan sebab hingga 2014, diperkirakan sekitar 400 PNS memasuki masa pensiun.

“Diperkirakan pada April atau Mei 2012, sudah ada jawaban atas usulan kami, diterima atau tidak, termasuk kuotanya apabila diterima,” kata dia.

Dalam Pati,Rembang | Tags ,,

Berita terkait

Tinggalkan Pesan

Komentar Terakhir

CLOSE